BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 28 Oktober 2011

UNESCO akan memberikan putusan mengenai status kenegaraan Palestina akhir bulan ini.

New York:  Seperti dilaporkan AFP, Jumat (28/10), sidang umum UNESCO akan digelar pada 31 Oktober untuk memberikan suara dalam status anggota penuh Palestina di PBB.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Malki membenarkan hal tersebut. Ia juga mengatakan jika pemungutan suara tentang status negaranya akan dilakukan pada hari sama.

Palestina saat ini memiliki status pengamat di UNESCO. Para diplomat mengatakan, tidak akan ada salahnya bagi Palestina untuk mengumpulkan suara yang dibutuhkan agar menjadi anggota penuh di PBB.

UNESCO sebagai lembaga PBB untuk pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya telah mulai melakukan pertemuan untuk memilih keanggotaan Palestina sejak kemarin. Bahkan, UNESCO mulai meninjau rancangan resolusi dari delegasi Palestina untuk permintaan keanggotaan penuh negara tersebut di PBB sejak beberapa waktu lalu [baca: UNESCO Pertimbangkan Keanggotaan Palestina].

Langkah tersebut secara otomatis akan memicu krisis antara AS dan UNESCO, sebagai dua hukum yang disahkan oleh sekutu setia Israel di tahun 1990-an. Selama ini, keduanya dilarang memberikan pembiayaan bagi setiap organisasi PBB yang menerima Palestina sebagai anggota penuh.(IAN)


0 komentar: